Wednesday, November 28, 2018

LITOSFER



Tahukah kalian apa itu Litosfer?

Litosfer merupakan lapisan kulit bumi. Litosfe berasal dari kata litos yang berarti batu dan sfer/sphaira  yang berarti lapisan. Litosfer merupakan lapisan batuan atau kulit bumi yang mengikuti bentuk bumi dengan ketebalan ± 1200 km.


Litosfer bumi terdiri atas beberapa lempeng keras. Lempeng ini bergerak  dan bergerak di atas lapisan yang  lebih lunak yang disebut astenosfer. Tebal kulit bumi tidaklah rata. Kulit bui di bagian beua/daratan lebih tebal daripada di bawah samudera. Bumi memiliki beberapa lapisan seperti yang dijelaskan pada gambar berikut.



Batuan penyusun kulit bumi dibedakan menjadi tiga yaitu batuan beku, sedimen, dan metamorf.
1.     Batuan beku
Batuan ini terbentuk karena magma pijar yang mendingin menjadi padat. Berdasarkan tempat pendinginannya batuan ini dibedakan menjadi tiga macam yaitu batuan beku dalam, beku luar, dan batuan beku korok/gang.
2.    Batuan sedimen
Batuan beku yang mengalami pelapukan sehingga bagian-bagiannya terlepas kemudian terangkut oleh air, angin dan diendapkan di tempat lain akan membentuk batuan sedimen.
3.    Batuan metamorf
Batuan yang mengalami perubahan dikarenakan adanya suhu dan tekanan yang tinggi. Batuan ini bisa berasal dari batuan beku maupun batuan sedimen yang mengalami perubahan karena suhu yang tinggi, tekanan tinggi maupun keduanya.





No comments:

Post a Comment