RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TAHUN AJARAN 2018-2019
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1
Batu
Mata
Pelajaran :
Geografi
Kelas
/ Semester : X /
Ganjil
Materi
Pokok : Dinamika
Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Alokasi
Waktu : 2x45 menit
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.5 Menganalisis dinamika litosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan
4.5 Menyajikan
proses dinamika lithosfer dengan menggunakan peta, gambar, tabel,
grafik, video, dan /atau animasi
|
·
Menjelaskan proses pembentukan
litosfer/ kulit bumi
·
Menganalisis pengaruh
litosfer bagi kehidupan
·
Membuat replika 3D proses
pembentukan kulit bumi
|
Tujuan
Pembelajaran
1.
Menjelaskan proses pembentukan kulit bumi
2.
Menganalisis pengaruh litosfer bagi kehidupan
Materi
Pembelajaran
1.
Krakteristik lapisan-lapisan bumi
2.
Proses tektonisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan
3.
Proses vulkanisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan
4.
Proses seismedan pengaruhnya terhadap kehidupan
5.
Proses tenaga eksogen dan pengaruhnya terhadap kehidupan
6.
Pembentukan tanah dan persebaran jenisn tanah
7.
Pemanfaatan dan konservasi tanah
8.
Lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan data
geologi di Indonesia
Metode,
Pendekatan dan Model Pembelajaran
1.
Metode : Ceramah,
Diskusi, Penugasan, Presentasi
2.
Pendekatan : Saintifik
3.
Model : Number Head Together
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media, Alat Pembelajaran
1.1
Whiteboard
1.2
LCD
dan Laptop
1.3
Macromedia Flash
2.
Sumber Pembelajaran
Buku Geografi SMA kelas X, Geologi Indonesia,
Internet
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke I
No
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Orientasi
1.1 Guru memberi salam dan meminta ketua kelas
untuk memimpin doa
1.2 Guru memeriksa presensi siswa
2.
Motivasi
Guru memotivasi siswa pentingnya
mempelajari dinamika litosfer serta dampaknya bagi
kehidupan.
3. Apersepsi
3.1 Siswa disampaikan
langkah-langkah pembelajaran
|
15 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Siswa diminta memperhatikan penjelasan
guru.
2. Siswa diminta mengamati video yang
ditayangkan.
3. Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok,
masing-masing siswa diberi nomor.
4. Siswa diberikan pertanyaan.
5. Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan
yang diajukan.
6. Siswa
yang nomornya disebut mempresentasikan jawabannya.
|
65 Menit
|
3.
|
Penutup
1.
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.
2.
Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 Menit
|
No comments:
Post a Comment