Wednesday, November 28, 2018

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sumber Daya Alam


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 1 Batu
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester                      : XI / Ganjil
Materi Pokok                          : Sebaran dan pengelolaan sumber daya kehutanan, 
                                                  pertambangan, kelautan dan pariwisata sesuai prinsip-prinsip
                                                  pembangunan berkelanjutan.
Alokasi Waktu                        : 3 X 2 JP (1 JP 45 menit)

A.    Kompetensi Inti
KI.3 Pengetahuan
Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 Keterampilan
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahabstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
3.3 Menganalisis sebaran dan pengelolaan sumber daya kehutanan, pertambangan,
             kelautan, dan pariwisata sesuai prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.
3.4 Membuat peta persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan    pariwisata di Indonesia
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Indikator KD pada KI pengetahuan
Kompetensi Dasar (Pada KI.3)
Indikator Pencampaian Kompetensi
3.3  Menganalisis sebaran dan
       pengelolaan sumber daya
       kehutanan, pertambangan,
       kelautan, dan pariwisata sesuai
       prinsip-prinsip pembangunan
       berkelanjutan
3.3.1  Menjelaskan Klasifikasi Sumber Daya Alam
3.3.2  Menjelaskan potensi dan sebaran  Sumber Daya kehutanan, pertambangan, kelautan dan pariwisata
3.3.3  Menganalisis pengelolaan sumber daya
          kehutanan, pertambangan, kelautan dan
          pariwisata dengan prinsip-prinsip
          pembangunan berkelanjutan




2.      Indikator KD pada KI keterampilan
Kompetensi Dasar (Pada KI.4)
Indikator
4.3  Membuat peta persebaran sumber daya kehutanan, pertambanagan, kelautan dan pariwisata
4.3.1 Menyajikan peta  persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan dan pariwisata di Indonesia.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengetahui KI dan KD di atas peserta didik diharapakan mampu:
3.3.1        Mejelaskan Klasifikasi Sumber Daya Alam
3.3.2        Menjelaskan potensi dan sebaran  Sumber Daya Kehutanan, pertambangan, kelautan dan pariwisata
3.3.3        Menganalisis pengelolaan sumber kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan
4.3.1    Menyajikan persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan  pariwisata
E.     Materi Pembelajaran (Fakta, Konsep, Prinsip dan prosedur)
a.      Fakta
1.      Klasifikasi Sumber daya alam
2.      Sumber daya kehutanan yang ada di Indonesia
3.      Sumber daya pertambangan yang ada di Indonesia
4.      Sumber daya kelautan yang ada di Indonesia
5.      Sumber daya Pariwisata yang ada di Indonesia
6.      Persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan dan  pariwisata
b.      Konsep
1.      Konsep pengelolaan sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan
c.       Prinsip
1.      Persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata
2.      Pengelolaan sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata
d.      Prosedural
Menggambar peta persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan dan pariwisata di Indonesia.
F.     Metode Pembelajaran dan Media Pembelajaran
1.    Metode                        : Ceramah, diskusi, penugasan, presentasi
2.    Pendekatan                 : Pendekatan saintifik
3.    Model                          : Snowball Throwing, Problem Based Learning, Project Based Learning.
G.    Alat, Media dan Sumber Belajar
1.      Media, Alat Pembelajaran
a.       Whiteboard
b.      LCD dan Laptop
c.       Microsoft office power point
d.      Video pembelajaran sumber daya alam
e.       Gambar sebaran produksi kayu bulat di Indonesia
2.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku Geografi Kelas XI (Sindhu,Yasinto P. 2017. Geografi untuk SMA/MA kelas XI. Jakarta: Erlangga)
b.      Internet
c.       Peta persebaran barang tambang di Indonesia



H.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan 1
No.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
1.    Orientasi
1.1    Guru memberi salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
1.2    Guru memeriksa presensi siswa
2.    Motivasi
Guru memotivasi siswa pentingnya mempelajari sumber daya alam khususnya yang ada di Indonesia
3.    Apesepsi
3.1    Siswa disampaikan langkah-langkah pembelajaran


15 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Siswa diminta mengamati slide yang ditayangkan
2.      Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dengan cara berhitung.
3.      Masing-masing kelompok diminta membuat pertanyaan pada selembar kertas.
4.      Kertas yang berisi pertanyaan diremas hingga bentuknya seperti bola.
5.      Masing-masing kelompok melemparkan kertas yang berbentuk bola ke kelompok lain.
6.      Setiap kelompok menjawab pertanyaan yang diterima.
7.      Setiap kelompok mempresentasikan jawabannya

65 menit
3.
Penutup
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.
2.      Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.


10 menit


Pertemuan II
No.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Orientasi
1.1  Guru memberi salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
1.2  Guru memeriksa presensi siswa
2.      Motivasi
Guru memotivasi siswa pentingnya mempelajari sebaran barang tambang di Indonesia
3.      Apesepsi
3.1  Siswa disampaikan langkah-langkah pembelajaran


10 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Siswa diminta mendengarkan penjelasana guru
2.      Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok
3.      Siswa diberi pertanyaan dan diminta untuk menyajikan peta sebaran barang tambang  di Indonesia
4.      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya.

70 menit
3.
Penutup
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.
2.      Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

10 menit

Pertemuan III
No.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Orientasi
1.1  Guru memberi salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
1.2  Guru memeriksa presensi siswa
2.      Motivasi
Guru memotivasi siswa pentingnya mempelajari potensi dan pemanfaatan laut di Indonesia.
3.      Apesepsi
3.1  Siswa disampaikan langkah-langkah pembelajaran


15 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Siswa diminta mengamati video yang ditayangkan
2.      Siswa diminta mengamati materi yang dijelaskan
3.      Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok
4.      Siswa diberi pertanyaan dan mendiskusikan jawaban bersama kelompok
5.      Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya

65 menit
3.
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.
2.      Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

10 menit



No comments:

Post a Comment